Rabu, 17 Oktober 2012


  

Tari Baris Tunggal, merupakan salah satu tarian sakral yang digunakan oleh umat Hindu di Bali sebagai pelengkap di suatu upacara keagamaan agama Hindu di Bali. Biasanya tari baris tunggal digunakan pada saat Upacara Pitra Yadnya yaitu Karya mamukur, dimana disini tari baris tunggal berfungsi sebagai sarana penghatur punia atau persembahan bagi para leluhur yang dihantarkan dengan mantra-mantra suci Sulinggih dan alunan gamelan pengiring tari baris tunggal itu sendiri. Tari baris tunggal merupakan tarian lepas yang dibawakan oleh seorang laki-laki, dimana menggambarkan seorang prajurit gagah perkasa yang memiliki kematangan jiwa dan kepercayaan dimana itu diperlihatkan dengan gerakan tari yang dinamis dan lugas.


Tari Pendet, merupakan tari pemujaan dalam upacara keagamaan agama Hindu di Bali yang sering dilakukan di Pura. Tari pendet ini merupakan simbol penyambutan atas turunnya Ida Sang Hyang Widhi Wasa ke alam duniawi, disini setiap penari menari dengan membawa sebuah sangku,cawan, kendi atau perlengkapan sesajen lainnya. Dan seiring dengan berkembangnya zaman, para seniman Bali juga menjadikan tari pendet sebagai tari untuk mengucapkan selamat dating.


Tari Rejang Dewa adalah salah satu tarian daerah Bali, yang ditampilkan secara berkelompok dan merupakan salah satu jenis tari perempuan. Tari rejang dewa ini merupakan tarian yang melambangkan penyambutan Sang Hyang Widhi Wasa dan para Dewa yang turun ke alam duniawi. Tari rejang dewa tidak boleh ditarikan di sembarang tempat, tari ini hanya boleh ditarikan di tempat suci yaitu pura karena tarian ini merupakan tari yang sakral.


Tari Barong adalah tarian yang menggabarkan pertarungan antara binatang berkaki 4 bernama Barong dengan binatang bertaring 2 dimulutnya bernama Rangda. Barong adalah simbol dari kebaikan, sedangkan Rangda adalah simbol dari kejahatan. Tari Barong merupakan tarian sakral sebagai bagian dari Drama Calonarang. Tari Barong ini merupakan tarian peninggalan kebudayaan Pra Hindu yang menggabarkan Perkelahian antara kebaikan dan keburukan.


Tari Baris Gede adalah tarian sakral yang dipentaskan pada upacara keagamaan di pura Bali. Tari Baris Gede merupakan tarian para pria bersifat gagah perkasa .
Tari Baris yang merupakan tarian upacara sakral, sesuai namanya Tari Baris, berasal dari kata bebaris yang artinya barisan pasukan prajurit dimana dalam tarian baris ini digambarkan ketangkasan pasukan prajurit. Tari Baris Gede mengenakan pakaian prajurit perang dan membawa senjata  berupa tombak, cakra,pedang dan tameng, yang menari dalam satu barisan lalu melakonkan perang tanding . Tari Baris Gede juga  menggambarkan sebagai pengawal yang mengiringi dewa atau menyambut kedatangan para dewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar